Haul Ulama Sebab Turunnya Rahmat

MENGINGAT ORANG SHALEH MENJADI SEBAB TURUNNYA RAHMAT

Memperingati Haul Para Ulama merupakan upaya kita untuk meneladani keshalehannya.
Hal ini sudah dilakukan sejak zaman sahabat :

๐Ÿ“— ุนَู†ْ ุณَุนْุฏٍ ู‚َุงู„َ ุฃُุชِูŠَ ุนَุจْุฏُ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุจْู†ُ ุนَูˆْูٍ ูŠَูˆْู…ًุง ุจِุทَุนَุงู…ِู‡ِ ูَู‚َุงู„َ ู‚ُุชِู„َ ู…ُุตْุนَุจُ ุจْู†ُ ุนُู…َูŠْุฑٍ ูˆَูƒَุงู†َ ุฎَูŠْุฑًุง ู…ِู†ِّูŠ ูَู„َู…ْ ูŠُูˆุฌَุฏْ ู„َู‡ُ ู…َุง ูŠُูƒَูَّู†ُ ูِูŠู‡ِ ุฅِู„ุงَّ ุจُุฑْุฏَุฉٌ ูˆَู‚ُุชِู„َ ุญَู…ْุฒَุฉُ ุฃَูˆْ ุฑَุฌُู„ٌ ุขุฎَุฑُ ุฎَูŠْุฑٌ ู…ِู†ِّูŠ ูَู„َู…ْ ูŠُูˆุฌَุฏْ ู„َู‡ُ ู…َุง ูŠُูƒَูَّู†ُ ูِูŠู‡ِ ุฅِู„ุงَّ ุจُุฑْุฏَุฉٌ ู„َู‚َุฏْ ุฎَุดِูŠْุชُ ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆู†َ ู‚َุฏْ ุนُุฌِّู„َุชْ ู„َู†َุง ุทَูŠِّุจَุงุชُู†َุง ูِูŠ ุญَูŠَุงุชِู†َุง ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุซُู…َّ ุฌَุนَู„َ ูŠَุจْูƒِูŠ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ุฑู‚ู… 1195)

“Diriwayatkan dari Sa’d bahwa Abdurrahman bin Auf suatu hari disuguhi makanan. Ia berkata : “Mush’ab bin Umair telah terbunuh, *ia lebih baik dariku*, tak ada yang dapat dibuat kafan untuknya kecuali kain selimut. Hamzah juga telah terbunuh, *ia lebih baik dariku*, tak ada yang dapat dibuat kafan untuknya kecuali kain selimut. Sungguh saya khawatir amal kebaikan-kebaikan kami segera diberikan di kehidupan dunia ini. ” Kemudian Abdurrahman bin Auf menangis.”
(HR. Bukhari No.1195)

Dengan mengenang dan meneladani sifat keshalihan tersebut menjadi motivasi kita untuk terus berbuat kebaikan.

๐Ÿ“™ ู‚َุงู„َ ุงุจْู†ُ ุจَุทَّุงู„ٍ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَู†ْุจَุบِูŠ ุฐِูƒْุฑُ ุณِูŠَุฑِ ุงู„ุตَّุงู„ِุญِูŠْู†َ ูˆَุชَู‚َู„ُّู„ِู‡ِู…ْ ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ู„ِุชَู‚ِู„َّ ุฑَุบْุจَุชُู‡ُ ูِูŠْู‡َุง (ูุชุญ ุงู„ุจุงุฑูŠ ู„ุงุจู† ุญุฌุฑ 7/ 354)

“Ibnu Baththal telah berkata : Dalam riwayat ini dianjurkan menyebut kisah-kisah orang saleh dan kesederhanannya. Tujuannya agar tidak cinta dunia” (Fathul Bari 7/354)

Selain itu juga mengenang para ulama, akan mendatangkan rahmat baginya,

๐Ÿ“˜ ุนِู†ْุฏَ ุฐِูƒْุฑِ ุงู„ุตَّุงู„ِุญِูŠْู†َ ุชَู†ْุฒِู„ُ ุงู„ุฑَّุญْู…َุฉُ (ุณููŠุงู† ุจู† ุนูŠูŠู†ุฉ ุฐูƒุฑู‡ ุงุจู† ุงู„ุฌูˆุฒูŠ ููŠ ู…ู‚ุฏู…ุฉ ุตููˆุฉ ุงู„ุตููˆุฉ)

“Mengingat orang shaleh menjadi sebab turunnya rahmat” (Sufyan bin Uyainah dikutip oleh Ibnu Jauzi dalam Muqaddimah Shifat ash-Shafwah).

๐Ÿ”…Seseorang butuh untuk berkunjung kepada sosok manusia yang dapat membuatnya menangis. Jika tidak menemukannya di kalangan yang masih hidup, maka pelajarilah dari sejarah orang-orang yang telah wafat.”
(Syaikh Hasan asy-Syanqithi)

Copas

Tambahan

Dalil Haul para Awliya' wasSolihin ๐ŸŒฟ

1. Rasulullah SAW bersabda: "Allah SWT akan membangkitkan banyak kaum pada hari kiamat, mereka dibangkitkan lalu diletakkan pada mimbar-mimbar yang terbuat dari permata, dari wajah mereka penuh dengan cahaya, dan manusia yang hadir disitu semuanya heran dan tercengang atas cahayanya. Mereka bukan para Nabi, mereka bukan orang mati syahid... Disaat itu seorang arab badui bertanya, ya Rasulullah siapakah mereka, sifatkan kami mengapa mereka bisa istimewa seperti itu?

Maka Nabi Muhammad SAW bersabda : "Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karna Allah, mereka berkumpul dari daerah-daerah yang berbeda, dari suku yang berbeda, mereka duduk untuk berzikir kepada Allah Ta'ala. (HR. Ath-Thabarani, fi Mu'jamil Kabir, hadits ini disampaikan oleh Habib Thohir al-Haddar lihat diyoutube)

Selain membaca manaqib para Awliya', acara Haul juga di isi pembacaan Alqur'an, kirim Yasin, dan berzikir kepada Allah SWT berupa bacaan talkin : Laa ilahaa illallah Sayiduna Muhammadurrasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam... Dan juga bershalawat untuk baginda Nabi, berqosidah, diakhiri dgn doa bersama.

2. Nabi SAW bersabda: "Siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah SWT." (HR. At-Tirmidzi, dari Abu Hurairah, derajat hadits hasan menurut imam As-Suyuthi)

Jelaslah para Awliyaus Solihin adalah para guru saat mereka hidup, wajar kita berterimakasih kepada guru dalam mengadakan acara yang baik.

3. Didalam Alqur'an, Allah SWT berfirman : "Dan semua kisah dari para Rasul itu Kami ceritakan kepadamu, yaitu kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu."

Sejarah umat terdahulu, adalah membuat hati Nabi Muhammad SAW tetap sabar ditengah kesulitan/rintangan kehidupan. Apalagi kita umatnya yang serba kurang, tentu lebih butuh kisah-kisah kaum Solihin, dan Insya Allah kisah mereka menambah keyakinan dalam hati. Amin.

4. Kata Imam Sufyan Uyainah RA : Seorang yang mengingat kaum solihin, maka Allah ta'ala akan menurunkan rahmatnya.

5. Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang akan bersama dengan orang yang dicintainya." (HR. Bukhari)

Wallahu A'lam bis Showwab.

Copas dari whatsapp

0 Response to "Haul Ulama Sebab Turunnya Rahmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel