Mesjid Amru bin 'Ash Seorang Sahabat Nabi Yang Ahli Diplomatik Islam

Inilah Masjid Amru bin Ash. Masjid paling tua di mesir dan menjadi masjid satu satunya yang dibangun oleh tangan seorang sahabat nabi Muhammad SAW.



Dinamakan masjid Amru Bin Ash karena yang membangun masjid ini adalah beliau sendiri.

Amru bin Ash dikenal sebagai salah seorang sahabat nabi yang paling terkenal kepiawainya dalam ilmu diplomatik islam dan penyusun strategi perang yang selalu ampuh.

Sebelum ia masuk islam bersamaan dengan Sahabat Khalid bin Walid di Madinah beliau termasuk salah seorang ganjalan terbesar kaum muslimin saat itu dalam hal diplomatik, kepiawaianya ini terbukti dengan kedekatanya dahulu dengan raja Najasyi dari negri Habasyah saat Kaum muslimin menerima perintah berlindung dari Rasulullah ke Habasyah dan berjumpa dengan Najasyi.
 
Seperti pada penjelasan diatas atas dasar kepandaiannya inilah Sahabat Umar Bin Khattab mempercayainya untuk menjadi gubernur Mesir saat itu dan alhasil maka Romawi dan Persia yang menjadi kekuatan terkuat dapat ditaklukkan hingga mesir keseluruhannya berada dibawah tangan sang sahabat nabi amru bin ash. 

Mesir telah dibawah pemerintahannya hingga pada tahun 21 Hijriyah beliau membangun sebuah masjid tepat di kota Fustat, Mesir yang hingga kini masih dapat kita lihat.

Kini beliau telah tiada namun kekuatan kegagahan dirinya masih dapat kita rasakan dari struktur bangunan masjid ini dengan berbagai macam seni ukiran tua didalamnya.

Yuk... berkunjunglah ke masjid Amru Bin 'Ash di Cairo, Mesir.

0 Response to "Mesjid Amru bin 'Ash Seorang Sahabat Nabi Yang Ahli Diplomatik Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel