Perdebatan 4 Golongan Untuk Awal Masuk Syurga

DERMAWAN yg IKHLAS.

Dalam kitab "Durratun Nashihin" terdapat sebuah cerita imajinatif yang menceritakan tentang empat golongan manusia di hari Mahsyar yg saling berebutan untuk masuk surga terlebih dahulu. Empat golongan itu:
(1). Golongan orang mati syahid.
(2). Golongan haji yg mabrur.
(3). Golongan orang dermawan.
(4).Golongan orang alim.

Golongan orang mati syahid menganggap mereka lebih pantas duluan masuk syurga karena ia telah berkorban nyawa di jalan Allah. Karena itu, mereka maju duluan untuk masuk ke dalam surga. Tetapi malaikat menahannya. Malaikat pun bertanya, "Siapa kalian dan kenapa pula ingin masuk surga lebih dulu dari golongan lain ?. Pada hal di belakang kalian masih ada golongan lain yang juga mulia. Golongan syahid memberi alasan dengan jawaban: "Kami ini golongan yg mati Syahid dalam peperangan membela Agama Allah. Kami berjuang dengan ikhlas semata-mata mendapatkan redha Allah dan mempertahankan kemuliaan agama Allah. Karena Rasul saw telah menyampaikan bahwa orang mati syahid karena berjuang di jalan Allah akan masuk syurga, maka sepantasnyalah kami masuk surga yg pertama".
Malaikat pun bertanya lagi, "kalian mendapatkan pengetahuan tentang syahid itu syurga balasannya dari siapa ?
Mereka serentak menjawab: "pengetahuan itu kami peroleh dari orang alim yang mengajari kami dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan apapun dari kami. Dari para orang alim ('ulama) itulah kami mengenal agama dan tuhan kami Allah. Dan, dari ajaran merekalah kami paham ibadah dan kami tahu balasan terhadap syahid itu syurga".
Malaikat pun berkata pada golongan ini "hormatilah guru-guru kalian, karena merekalah yang menyampaikan petunjuk padamu". Dan, golongan inipun mundur dan mempersilakan golongan ulama untuk masuk lebih dahulu. Tapi golongan alim ulama masih diam saja dan mempersilakan golongan lain untuk masuk dahulu.
Kemudiaan datang kelompok haji mabrur ingin masuk syurga lebih dahulu. Juga ditahan oleh malaikat dan terjadi dialog mirip seperti di atas. Merekapun mundur. Selanjutnya maju pula golongan dermawan. Mereka di dunia pemurah, hartanya digunakan untuk membantu agama. Allah telah janjikan orang dermawan yang ikhlas syurgalah tempatnya.
Orang Dermawan pun ingin masuk surga terlebih dahulu. Tetapi Malaikat juga bertanya seperti pertanyaan yang ditanyakan kepada orang mati syahid. Dan, golongan ini juga mundur. Sehingga ketiga golongan tersebut mempersilakan golongan orang Alim masuk surga terlebih dahulu.

Akan tetapi, tawaran dan penghormatan yang diberikan kepada orang alim itu dengan rendah hati ditolaknya. Golongan orang alim menjawab: "kami tidak pantas masuk surga mendahului orang dermawan, karena merekalah yang lebih pantas masuk surga terlebih dahulu. Golongan alim berkata kepada malaikat: "ya malaikat, golongan dermawanlah yang lebih pantas masuk syurga lebih dahulu, karena dengan kedermawanan mereka lah kami ini bisa belajar dan mampu mengajarkan pula orang lain.
Akhirnya malaikat menyilakan masuk surga terlebih dahulu adalah golongan dermawan. Karena dengan kedermawan merekalah Islam agama Allah yang Haq
ini bisa sampai dan diamalkan sampai ke pelosok ujung dunia. Salam.
Copas

0 Response to "Perdebatan 4 Golongan Untuk Awal Masuk Syurga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel