Ambillah Ilmu Dari Guru Yang Amin Dan Tsiqat

Kajian Rabu ke Empat Ramadhan 1433 H di Pondok Pesantren / Dayah Dayah Nihayatul Muhtaj.

Ambillah ‘ilmu dari guru yang “Tsiqat” dan "Amin".



Berkata Al Faqih (Abu Al-Laits Azzahid Nashir bin Muhyammad bin Ibrahim Assamarqandy, janganlah para penuntut ilmu mengambil ilmu kecuali dari yang “amin” dan Tsiqat.
Diriwayatkan dar ‘Ubbad bin Katsir dari Nabi Shallallhu ‘alaih iwasallam bahwasanya Rasulullah SAW bersabda janganlah terima informasi dari orang yang tidak diterima “Syahadah” nya
Sumber : Bustanul ‘Arifin : 11
Difahami dari kalimat diatas, bagi si guru agar ilmu yang diberikan untuk anak didiknya diaharapkan agar ia bersikap sebagai sikap yang “Amin” dan Tsiqat”
===
Bagi simurid (penuntut ilmu) sebaiknya memasang niat dengan niat :
1. Menghilangkan (mengeluarkan) dirinya dari kejahilan (kebodohan) dirinya
قل هل يستوى الذين يعلمون والذين يعلمون
2. Bermanfaat bagi makhluk (manusia)
خيرالناس من ينفع للناس (الحديث)
3. Menghidupkan ilmu
تعلموا العلم قبل ان يرفع العلم (الحديث)
4. Untuk di ‘amalkan
العلم الة للعمل
Sumber : Bustanul ‘Arifin : 16-17
Difahami dari tulisan diatas, muncul pertanyaan dalam diri kita; adakah kita sebagai penuntut ilmu meniatkan seperti yang tersebut diatas..?



Nawawi Hakimis

Tentang Guru :
Yusuf bin Al-Husein menceritakan, Aku bertanya kepada Dzun Nun tatkala perpisahanku dengannya,“Kepada siapakah aku duduk atau berteman dan belajar?”. Beliau menjawab, “Hendaknya kamu duduk bersama orang yang dengan melihatnya akan mengingatkan dirimu kepada Allah. Kamu memiliki rasa segan kepadanya di dalam hatimu. Orang yang pembicaraannya bisa menambah ilmumu. Orang yang tingkah lakunya membuatmu semakin zuhud kepada dunia. Bahkan, kamu pun tidak mau bermaksiat kepada Allah selama kamu sedang berada di sisinya. Dia memberikan nasihat kepadamu dengan perbuatannya, dan tidak menasihatimu dengan ucapannya semata.” (Al-Muntakhab min Kitab az-Zuhd wa ar-Raqaa’iq, Hal. 71-72)

0 Response to "Ambillah Ilmu Dari Guru Yang Amin Dan Tsiqat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel