Ternyata Banyak Sekali Yang Salah Dalam Berniat Ketika Shalat

Niat

Ternyata Banyak Sekali Yang Salah Dalam Berniat Ketika Shalat

إِنَّمَا اْلأَعْمَـالُ بِالنِّـيَّاتِ
Yakni tiada sah segala amal itu melainkan dengan niat.

Haqiqat Niat adalah
قَصْدُ الشَّيْئِ مُقْتَرِنًا بِفِعْلِهِ
Haqiqat menyahaja sesuatu halnya beserta dengan berbuat dia.

Maka jika terkemudian atau terdahulu perbuatan itu daripada menyahaja, maka tiada shah niatnya. Tempat niat itu didalam hati, dan masa berniat itu pada permulaan ibadat melainkan puasa fardhu.

Secara umum pada niat mesti ada :
1. Qashad yakni lafazh Ushalliy artinya sengaja aku sembahyang
2. Ta’radh yaitu menyebutkan fardhu
3. Ta’yin yaitu menentukan waktu seperti dhuhur, ‘ashar, maghrib, ‘isya atau shubuh.

Fungsi qashad untuk membedakan antara pekerjaaan adat dengan pekerjaan ibadat. Ta’radh untuk membedakan antara fardhu dan sunat. Ta’yin untuk membadakan dengan waktu lainnya.

Jika shalat berwaktu seperti dua hari raya, wudhu’, gerhana, maka wajib dalam niat itu adalah Qashad dan Ta’yin tidak Ta’radh.
Jika adalah sembahyang itu sunat yang tiada berwaktu dan tiada bersebab yaitu yang dinamai sembahyang sunat muthlaq (seperti sunat tahiyyatul masjid, sunat ihram, sunat istikharah, sunat thawaf, sunat wudhu’), maka wajib didalam takbiratul ihram itu satu perkara jua, yaitu qashad.

Jika niat shalat jum’at, maka mesti ditambah dalam niat itu, yaitu : 
1. Menjadi nomor empat, meniatkan mengikut imam, jika ia menjadi makmum atau berniat imam jika ia menjadi imam. Jika tiada berniat mengikut imam didalam takbir sembahyang Jum’at, atau tiada berniat jadi imam, niscaya tiada shah jum’atnya.

Dan jika ada sembahyang itu qashar, maka wajib pula
1. Meniatkankan qashar. (menjadi nomor empat)

Niat itu dibagi empat : 
1. Niat Basithah, yaitu memulai niat dalam hati serta selamanya daripada takbirnya, menyusun lafaz serta maknanya.
2. Niat Tauzi’iyah, yaitu membahagikan niat itu daripada suku-suku takbir, dari pada ashal hingga Allahu Akbar.
3. Niat ‘Urfiyah, yaitu bahwa menghadhirkan ia pertama-tama dzat sembahyang dengan qashad, ta’radh dan ta’yin terdahulu sedikit daripada takbir. Maka dimulai niat itu daripada Alif Allah dan disudahi dengan Ra’ Akbar. Jangan terdahulu dan jangan terkemudian daripada Ra’ Akbar.
4. Niat Kamaliyah, yaitu masuk ia pada Niat ‘Urfiyah jua, karena niat ‘urfiyah itu tiga derajat dalamnya. Sesuatu
a. Daniy, yaitu segala yang wajib pada syara’ dikerjakan memadai akan dia
b. Wasthiy, yaitu yang sempurna
c. Qashwiy, yaitu yang terlebih sempurna daripada yang amat sempurna. Yaitu Niat Nabi dan Waliyullah yang memakai dia

Niat yang shah adalah Niat ‘Urfiyah dan Kamaliyah sedangkan Niat yang bathal adalah Niat yang Basithah dan Tauzi’iyyah.

Niat itu dibagi tiga :
1. Muqaranah Kamaliyah, adakala
a) Tafshiliyah dan adakalanya
b) Jamaliyah.
Yaitu menghadhirkan ia akan sekalian rukun sembahyang yang tiga belas dengan satu-satu dan barang yang wajib ta’radh dengan dia pada Allahu Akbar hal keadaannya beserta Alif Allah hingga Ra’ Akbar. Inilah yang diamalkan pada sekalian manusia dan sekalian negeri besar-besar dan kecil dan sekalian masa dahulu dan sekarang dan dari karena inilah panjangkan Allahu Akbar sampai mudah menghadhirkan niat padanya. Bersalahan takbir intiqalat, maka yaitu sunat memanjangkan dia sekira-kira tiada keluar daripada 7 alif dan 14 baris. Kata setengah ulama sekira-kira tiada keluar daripada daripada Mad pada Quran yaitu 3 alif dan 6 baris. Dan tempat yang dipanjangkan itu pada lafazh Allahu jangan pada lafazh Akbar.
2. Muqaranah Basithah. Arti Basithah itu seperti yang mengata akan dia oleh Syihabuddin Qalyubiy dalam Hasyiayah Mahally bahwa mengqashadkan ia akan perbuatan sembahyang pada ALLA umpamanya pada HU dan zhuhur dan lainnya pada HU dan niat FARDHIYAH pada AKBAR atau QASHAD itu pada ALLA dan fardhu pada HU dan DHUHUR atau lainnya pada AKBAR. Dan dinamai pula Muqaranah Basithah ini akan Muqaranah Tauzi’iyyah karena arti tauzi’iyyah itu bersuka-suka. Dan sudah engkau lihat bahwasanya bersamaan dengan arti Basithah.
3. Muqaranah ‘Urfiyah.

Niat Muqaranah Akmaliyah adalah yang dipegangi oleh Syaikh Ibnu Hajar dan Syaikh Ramli, dan Imam Nawawi dan Syaikh Islam dan lainnya dalam Tuhfah dan Nihayah dan Minhaj dan Fathul Wahab dan Mufti lainnya.

Syarat pada niat ada enam.
1. Menyahaja berbuat sembahyang
2. Menyatakan yang sembahyang itu seperti dhuhur atau ‘ashar atau lainnya
3. Menta’radhkan suatu fardhu daripada segala fardhu
4. Menta’radhkan keadaan ada’ (tunai) daripada Qadha’
5. Niat itu didalam hati
6. Beserta ia daripada pertama takbir berkekalan higga akhirnya.

Lihat I’anatuth Thalibin.
وقوله: النية نائب فاعله، والمراد بها النية المشتملة على جميع ما يعتبر فيها، من قصد الفعل أو والتعيين، أو والفرضية والقصر في حق المسافر، والامامة والمأمومية في الجملة.
وذلك بأن يستحضر قبيل التكبير في ذهنه ذات الصلاة تفصيلا، وما يجب التعرض له من صفاتها، ثم يقصد فعل ذلك المعلوم، ويجعل قصده مقارنا للتكبير من ابتدائه إلى انتهائه.
وما ذكر هو الاستحضار الحقيقي والمقارنة الحقيقية.
ونازع في هذا إمام الحرمين وقال أنه لا تحويه القدرة البشرية.
واختار الاكتفاء بالاستحضار العرفي والمقارنة العرفية، وذلك بأن يستحضر في ذهنه هيئة الصلاة إجمالا مع ما يجب التعرض له مما مر، ويقرنه بجزء من التكبير.
قال العلامة البجيرمي: وهو المعتمد.
كما قرره شيخنا ح ف، وهو عن شيخه الخليفي، وهو عن شيخه الشيخ منصور الطوخي، وهو عن شيخه الشوبري، وهو عن شيخه الرملي الصغير، وهو عن شيخ الاسلام.
قال: وكان الشيخ الطوخي يقول: هو مذهب  الشافعي. (حاشية إعانة ألطالبين على حل الفاظ فتح المعين, للسيد أبى يكر. مطبع الحرمين ج : 1 ص : 130-131)
==
Lihat Bajuri 1 : 148  (redaksi dibawah ini dikutip dari syarwani dan Tuhfah)

قرن النية بالتكبير) أي قرنا حقيقيا بعد الاستحضار الحقيقي بأن يستحضر الصلاة تفصيلا مع تعيينها في غير النفل المطلق ونية الفرضية في الفرض وقصد الفعل في كل صلاة ويقرن ذلك المستحضر بكل التكبير من أولها إلى آخرها هذا ما قاله المتقدمون وهو أصل مذهب الشافعي واختار المتأخرون الاكتفاء بالمقارنة العرفية بعد الاستحضار العرفي بأن يستحضر الصلاة إجمالا بحيث يعد أنه يستضحر للصلاة مع أوصافها السابقة ويقرن ذلك المستحضر بأي جزء من التكبير ولو الحرف الاخير ويكفي تفرقه الاوصاف على الاجزاء وهذا أسهل من الاول لان الاول فيه حرج وقد قال تعالى: * (والذين هم على صلواتهم يحافظون) * (الحج: 87)، فالمصير إلى الثاني قال بعضهم: ولو كان الشافعي حيا لافتى به، وقال ابن الرفعة: إنه الحق وصوبه السبكي، قال الخطيب: ولي بهما أسوة والحاصل أن لهم استحضارا حقيقيا واستحضارا عرفيا وقرنا حقيقيا وقرنا عرفيا والواجب إنما هو العرفيان لا الحقيقيان شيخنا وبجيرمي. (الكتاب : حواشي الشرواني والعبادي , المؤلف :عبد الحميد المكي الشرواني. ج 2 : ص : 18 (مكتبة الشاملة))  و (الكتاب : تحفة المحتاج في شرح المنهاج
مصدر الكتاب : موقع الإسلام ج : 5 ص : 317 (مكتبة الشاملة)) و (حاشية الباجوري على ابن قاسم الغزي , ج: 1 ص : 148)

Oleh Tgk. Nawawi Hakimis
Pimpinan Pon Pes / Dayah Nihayatul Muhtaj,
Tangan-tangan, Aceh Barat Daya.

0 Response to "Ternyata Banyak Sekali Yang Salah Dalam Berniat Ketika Shalat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel