Pengarang Masailul Mubtady ... Adalah Syekh Baba Ar Rummi...?

SYEH BABA DAUD AR RUMMI
(Teungku di Lepu)
Ulama aceh murid Syaikh Abdur rauf as Singkily
      ~~☆#BIOGRAPHY_SINGKAT#☆~~
NAMA lengkapnya Syeikh Muhammad Daud Bin Ismail Bin Agha Mustafa Bin Agha Ali Ar-Rumi.  Datuk neneknya berasal dari  negeri  Rum (Turki) yang datang ke Aceh abad ke 15 M.

Syeikh Muhammad Daud lahir di Bandar Aceh Darussalam.Sejak remaja sudah berguru kepada Syeikh Abdurrauf As-Singkili (Syiah Kuala) di Dayah Manyang Leupeu, dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu Thariqat Syathariyah dan Qadiriyah yang diijazahkan oleh gurunya tersebut.Syeikh Daud Rumi adalah tangan kanan (orang kepercayaan) Syeikh Abdurrauf dalam mengelola dayah (pesantren) di Kuala Aceh zaman itu. Dayah tersebut sangat terkenal. Murid-murid datang seluruh Nusantara, termasuk Pattani.

Sejumlah anak ketutrunan Syeikh Baba Daud Rumi juga hijrah ke negeri-negeri lain untuk mengembangkan dakwah Islamiyah. Ada yang pindah ke Pattani, Kelantan dan Kalimantan.

Menurut Sejarawan Malaysia,  Mohd. Wan Shaghir Abdullah, Syeikh Baba Daud Rumi mengikuti  jejak gurunya sebagai pengarang kitab-kitab Jawi dan penterjemah dari kitab Bahasa Arab ke Bahasa Melayu (Jawi).

Kitab Tafsir Baidhawi Melayu  atau Turjumanul Mustafid adalah karya Syeikh Abdurrauf Singkil, tetapi belum tamat, Syeikh Abdurrauf wafat, maka kitab tafsir pertama dalam bahasa Melayu itu diselesaikan oleh Syeikh Baba Daud Rumi.

Menurut Prof Ali Hasjmy, Syeikh Daud Rumi juga pengarang kitab “Masailal Muhtadi wa Umdata Awwaladi” yang menggunakan metode soal jawab. Contoh: Soal jika ditanyai orang kita. Berapa perkara rukun Islam itu? Jawab: Bahwa rukun Islam itu lima perkara. Kitab tersebut masih dicetak ulang sampai sekarang di seluruh dunia Melayu.

Keturunan Syeikh Baba Daud Rumi di Pattani, banyak sekali yang menjadi ulama besar. Antara lain; Syeikh Ismail Al-Fathani, Syeikh Abdullah Al-Fathani dan Syeikh Ahmad Al-Fathani, Hj. Nik Wan Fathimah Al-Fathani , dan Hj  Nik Wan  Zainab Binti  Ahmad Fathani (ulama perempuan) dan pejuang.

Murid-murid  Baba Daud Rumi antara lain; Syeikh Faqih Jalaluddin Al-Asyi,  Syeikh Arif Al-Asyi,  dan  Syeikh Daud Fathani.Syeikh Baba Daud Rumi meninggal dunia tahun 1643 M. di Banda Aceh. Makamnya sekarang berada di Kampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Makam tersebut diporakporandakan oleh tsunami, 26 Desember 2004. Setahun kemudian telah dipugar kembali atas bantuan Turki dan Arab Saudi...[]

Denise All
#Architectural_Designer_di
#Bengkel_Sejarah & #Generasi_Muda_2018

Copas

0 Response to "Pengarang Masailul Mubtady ... Adalah Syekh Baba Ar Rummi...?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel